Potensi Peternakan Unggas Tahun 2013

Potensi Peternakan Unggas Tahun 2013
Berlokasi di Bandung, Sekretaris DPP Pengusaha Peternak Unggas Indonesia (PPUI) Aswin pulungan menyatakan optimismenya akan transaksi peternakan unggas lebih menjajikan di tahun 2013.

 

Transaski peternakan unggas tahun ini diperkirakan lebih baik dan mengalami peningkatan. Indikasi adanya kenaikan harga daging sapi sehingga konsumsi pun beralih ke ayam” ungkap Aswin disela-sela diskusi potensi biomassa di kota kembang. Aswin pun juga menyebutkan transaksi peternakan unggas baik dari daging maupun telur pada 2012 mencapai Rp. 160 triliun. Angka yang mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2011 yang hanya berada di kisaran Rp. 140 triliun.


Meskipun adanya peningkatan kebutuhan daging dan telur ayam secara merata dalam lingkup kebutuhan rumah tangga, restoran, bisnis kuliner, hotel dan maupun produk berbahan baku daging ayam. Tetapi jika melihat dari sisi penghasilan bagi peternak unggas lokal, kondisi ini sebagian besar dinikmati oleh para peternak perusahaan modal asing (PMA) yang transaksinya mencapai 70% sedangkan total transaksi bagi peternal lokal hanya sebesar 30%.


“Tingkat konsumsi daging dan telur ayam penduduk Indonesia termasuk tertinggi di ASEAN yakni sekitar tiga kilogram per bulan” ujar Aswin. Angka konsumsi itu masih di atas Malaysia, sehingga peotensi peternakan unggas di Indonesia cukup besar dan pasarnya sudah sangat jelas.


Wabah virus H1N1 pada unggas yang ramai dibicarakan beberapa waktu lalu, namun menurut Aswin hal itu tidak akan berpengaruh banyak untuk para peternak, sebab daging ayam akan tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. “Wabah H1N1 saat ini bukan hanya ditemui pada ayam tapi juga ke itik. Sehingga pasokan daging dan telur ayam tidak berpengaruh” tandas Aswin. (SYF)

We have 35 guests and no members online